Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika
B. LATAR BELAKANG
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar pembaca lebih mengetahui sejarah dari multimedia.
D. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Koneksi Internet
- Materi sejarah Multimedia
SEJARAH PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DI INDONESIA
Istilah multimedia berawal dari theater, bukan computer.
Pertunjukan yangmemanfaatkan lebih dari satu
media seringkali disebut pertunjukan multimedia.
Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan
karya seni manusia sebagai bagian dari
pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman
oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio
Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Sejak
permulaan tersebut,hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak
melompat ke multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih
dari 700 produk dan system
multimedia di pasaran
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia
hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan
beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text,
audio, grafik, animasi, dan video.
F. KESIMPULAN
Uraian tentang multimedia di atas merupakan uraian yang harus kita ketahui ssebelum melanjutkan materi yang lain karena materi ini merupakan dasar dari materi selanjutnya,semoga dengan materi ini dapat membantu kita semua dan bermanfaat buat kita semua.
REFERENSI :
https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
https://iyanksicksoul.wordpress.com/2013/03/30/sejarah-dan-pengertian-multimedia/
0 komentar:
Posting Komentar