Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendir
B. LATAR BELAKANG
Sejak dahulu hingga sekarang, proses pengolahan data dan informasi sudah dilakukan oleh manusia. Kegiatan ini mendorong manusia menemukan alat-alat mekanik dan elektronik yang sangat membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data dengan tujuan mendapatkan hasil lebih cepat dan akurat. Komputer yang sekarang kita jumpai adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia dari sejak dahulu berupa alat mekanik maupun elektronik.
Terciptanya komputer diawali dari
perkembangan alat hitung angka. Dalam hal perkembangan komputer kita
tidak bisa lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang
sekarang masih digunakan adalah sempoa yang muncul sekitar 5000 tahun
yang lalu di bagian Asia kecil dan sampai saat ini masih digunakan di
beberapa tempat. Penemuan ini dapat dianggap sebagai awal mula
terciptanya mesin komputer.
Pada tahun 1642 Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang dipakai pada kantor ayahnya di Rouen Perancis. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawanya sukses pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machine Company dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
Pada tahun 1642 Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang dipakai pada kantor ayahnya di Rouen Perancis. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawanya sukses pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machine Company dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
Pada tahun 1833, Charles Babbage
menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren
dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole
menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini
merupakan sumbangan besar untuk perkembangan menuju abad komputer. Pada
tahun 1908 James Power dari Census Bareau berencana untuk membuat mesin
untuk memproses dengan menggunakan punch card dan mesin ini digunakan
pada tahun 1910. Pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine
Compay menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac
Division of Sperry and Corporation.
Pada tahun 1963, Leibniz menciptakan mesin hitung yang bisa digunakan untuk menghitung operasi pertambahan dan perkalian. Pada Tahun 1975 Joseph Mario Jacuard, merancang metode penggunaan lubang-lubang pada card yang berguna untuk mengotrol pada mesin penenun tekstil.
Pada tahun 1963, Leibniz menciptakan mesin hitung yang bisa digunakan untuk menghitung operasi pertambahan dan perkalian. Pada Tahun 1975 Joseph Mario Jacuard, merancang metode penggunaan lubang-lubang pada card yang berguna untuk mengotrol pada mesin penenun tekstil.
Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy
membuat meisn hitung yang dapat berkerja secara elektronik, tetapi
pemutusan serta penyambungan arus listrik masih dilakukan secara
mekanis. Pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat
melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, computer ini
disebut Mark I. Kemudian Mark I tidak digunakan setelah munculnya
komputer elektronik yang otomatis yang disebut Eniac yang dirancang
oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.
Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
– Generasi I (tahun 1946-1959)
– Generasi II (tahun 1959-1965)
– Generasi III (tahun 1965-1970)
– Generasi IV (sejak 1970 – 1980)
– Generasi V (1980 – sekarang dalam tahap perkembangan)
– Generasi II (tahun 1959-1965)
– Generasi III (tahun 1965-1970)
– Generasi IV (sejak 1970 – 1980)
– Generasi V (1980 – sekarang dalam tahap perkembangan)
Agar masyarakat umum tau sejarah dari Komputer.
D. ALAT DAN BAHAN:
- Laptop
- Koneksi Internet
- Materi Komputer
E. PEMBAHASAN :
Komputer Generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
- Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
- Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
- Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
- Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
- Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
- Prosesnya relatif lambat.
- Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
- Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
- Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
Komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat
mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb
menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua
ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer
sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih
kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding dengan komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
- Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
- Sirkutinya adalah transistor.
- Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
- Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
- berorientasi pada bisnis dan teknik
- Proses operasi sudah cepat
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi ketiga
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Komputer Generasi keempat
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
- Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)
Komputer Generasi Kelima
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita
gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya:
LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan
microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai
dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah:
Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa
kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088,
80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru
dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan
yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan
yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar
yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu
kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi
semakin cepat.
-TUJUAN-
Tujuan Komputer ?
Gambar 1.2 : Berbagi sumber daya (printer) |
- Berbagi sumber daya (printer, CPU),
- Berkomunikasi (surel, pesan instan)
- Dapat mengakses informasi(peramban web)
- MANFAAT KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI -
1.
Komputer
sebagai sarana mempermudah kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di
selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin
tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik
ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak
dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat
mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit
berulang-ulang.
2.
Kompter
Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang
berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita
hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
- Berbicara dengan teman atau saudara kita
- Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
- Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
- Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
- Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll
3.
Komputer
sebagai Alat Hiburan
Dahulu
alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk
mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat
mengghibur diri kita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
- Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
- Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
- Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
- Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
- Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet
4.
Komputer
Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui
Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui
media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan
Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh
pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
- Dari Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti :, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.
- Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapat memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan.
- CBE computer based education sebagai alat pembelajaran
- CAI computer assisted instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran
- Menyimpan data – data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan
5. Komputer
Sebagai Sarana Informasi
Dengan
komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan
seperti :
- Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
- Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
- Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
- Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
- Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
- Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
- Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
- Informasi Lalu lintas, mengetahui situasi lalulintas
- Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
- Informasi Politik
- Informasi Perdagangan
- Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
- dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.
6.
Komputer
Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta
alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan
banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :
- Membuat Rental Komputer
- Membuat Warnet
- Membuat Usaha percetakan
- Membuat usaha Vidoe Editing
- Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
- Membuat Usaha Sablon
- Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
- Membuka usaha Disain Arsitektur.
- Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
- Membuka Usaha disain Website
- Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
- Membuka Usaha Kursus Komputer
- Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
- Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual
7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak
komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan
system seperti :
- Mengontrol kamera security
- Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
- Mengontrol Escalator
- Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
- Pengontrolan peralatan Editing Video
- Pengontrolan tata lampu traffic jalan
- Pengontrolan system jaringan Network
8.
komputer dalam bidang industri
Di dalam
bidang industri,komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin –mesin
produksi dengan kecepatan tinggi ,misalnya computer numeric control(cnc)
pengawasan numeric atau perhitungan , computer aided manufacture(cam) dan
computer aidad design(cad) yaitu merancang bentuk desain sebuah produk yang
akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.
Peralatan
yang biasa digunakan dalam bidang industri
· CAM(computer aided manufacturing) untuk meningkatkan produktivitas
· CAD(COMPUTER AIDED DESIGN) untuk merancang produk industri misal ;mobil,dll
· Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer jarak jauh
9. Komputer
dalam bidang perbankan
Contohnya:
·
Sistem uang elektronik (ATM,Kartu kredit dan
debit)
·
Penyimpanan data
·
Pemrosesan transaksi secara on line
·
Pembayaran secara online
10. Komputer
dalam bidang perdagangan
Contohnya;
·
Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak
·
Menyimpan hasil transaksi,persediaaan
barang-barang(stock)
·
Pembuatan laporan keuangan,faktur,surat-surat dokumen
dll
·
Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik
11.
komputer
dalam bidang kedokteran
Contohnya :
·
Membantu dokter dalam mendiaknosis penyakit pasien
·
CAT computer axial tomography untuk menghasilkan
gambar sinar x bergerak
·
Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus
·
Menyimpan riwayat penyakit pasien,penggajian karyawan rumah sakit
·
Mengelolaan persediaan obat-obatan
12.
komputer
dalam bidang seni
· SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano
· Untuk proses penciptaan lagu
· Untuk menghasilkan animasi dalam film film kartun dan special effect 13 komputer dalam bidang rekreasi
· Sumber alat rekreasi seperti games online
· Roller coaster yang dikendalikan oleh komputer
13.
Komputer
dalam bidang penelitian science
·
Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data
·
Penelitian ruang angkasa
·
Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan
14.
komputer
dalam bidang Hankam
· Kapal perang dan kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu
navigasi atau serang yang lebih tepat
· Untuk simulasi perang atau terbang
15.
komputer
dalam bidang komunikasi
·
Telekomunikasi yaitu teleconference
·
E-mail , voice mail dll
· Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet
REFERENSI :
0 komentar:
Posting Komentar