Company profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
B. LATAR BELAKANG
Company profile memiliki peranan cukup penting bagi sebuah
perusahaan yang melakukan business to business karena dapat mempresentasikan
visi dan misi perusahaan atau apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Selain
itu manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat
mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara detail
tentang profil, visi, dan misi perusahaan secara langsung.
Company profile merupakan pencitraan dari profesionalitas
sebuah perusahaan yang dapat digunakan sebagai marketing tool yang efektif
karena terdapat unsur visual berupa gambar dan teks, terlebih lagi jika
ditambahkan unsur multimedia yang lain akan membuat desain company profile
terlihat lebih menarik dan dapat membuat klien terkesan. Company profile yang
kurang menarik akan menimbulkan ketidakpercayaan konsumen terhadap suatu
perusahaan terutama penyedia jasa. Interaktif company profile merupakan bentuk
mutimedia dari desain company profile, dalam interaktif ini klien dapat
berinteraksi dan leluasa mengatur jalannya tampilan company profile secara
langsung. Interaktif company profile juga dilengkapi dengan gambar bergerak
atau animasi agar menarik.
Sebagai air mineral dalam kemasan yang paling terkenal di
Indonesia adalah Aqua, ini tidaklah asing di telinga masyarakat. Tetapi ,
masyarakat Indonesia belum tahu pasti mengenai company profile dari Aqua
tersebut.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
D. ALAT DAN BAHAN:
- Laptop
- Koneksi Internet
- Materi Company Profile
Sejarah Company Profile
Company profile
adalah produk tulisan praktisi PR yang berisi gambaran umum perusahaan. Gambaran ini tidak sepenuhnya lengkap, detail dan mendalam. Perusahaan bisa memilih poin- poin apa saja yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya. Bahkan ada perusahaan yang memilih membuat company profile berdasarkan kepentingan publik sasaran. Ada company profile yang dibuat khusus untuk konsumen (pelanggan), untuk bank, untuk pemerintah, pemasok dan sebagainya. Biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan besar yang mempunyai bidang usaha luas dan publik yang berbeda-beda. Tujuan pembedaan company profile adalah untuk menciptakan kepuasan publik. Publik akan puas juka kepentingannya terpenuhi. Salah satunya adalah kepentingan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya tentang aktivitas perusahaan. Berikut disampaikan perbedaan kepentingan di antara publik.
Jenis
- Pemegang saham
- Karyawan
- Konsumen
- Kreditor
- Komunitas
- Pemasok
- Pemerintah Prestasi keuangan (financial returns)
Kriteria Kepuasan
E. KESIMPULAN
Company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Sebab hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta investor untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Dengan semakin banyak pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan tersebut, dapat berdampak positif bagi perushaan. Yaitu semakin yakinnya pelanggan serta investor terhadap perusahaan sebab dilihat dari profile prusahaan tersebut.
Untuk menambah kepercayaan pelanggan serta investor, diperlukan sebuah company profile yang menarik dilihat dengan memperhatikan tampilan Layout, pemilihan warna, serta kata. Tidak lupa pula is yang terkandung dalam company profile tersebut yang sangat penting.
REFERENSI :
https://ilmuteknologimultimedia.wordpress.com/2013/05/14/pengertian-company-profile/
http://www.academia.edu/8652309/TUGAS_MAKALAH
- Kepuasan kerja, gaji, dan supervisi
- Kualitas produk, pelayanan, harga, distribusi
- Creditworthiness
- Kontribusi terhadap komunitas (social investment and community involvement)
- Kualitas produk dan pelayanan
- Taat aturan dan hukum
E. KESIMPULAN
Company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Sebab hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta investor untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Dengan semakin banyak pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan tersebut, dapat berdampak positif bagi perushaan. Yaitu semakin yakinnya pelanggan serta investor terhadap perusahaan sebab dilihat dari profile prusahaan tersebut.
Untuk menambah kepercayaan pelanggan serta investor, diperlukan sebuah company profile yang menarik dilihat dengan memperhatikan tampilan Layout, pemilihan warna, serta kata. Tidak lupa pula is yang terkandung dalam company profile tersebut yang sangat penting.
REFERENSI :
https://ilmuteknologimultimedia.wordpress.com/2013/05/14/pengertian-company-profile/
http://www.academia.edu/8652309/TUGAS_MAKALAH
0 komentar:
Posting Komentar