Company profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
B. LATAR BELAKANG
Company profile memiliki peranan cukup penting bagi sebuah
perusahaan yang melakukan business to business karena dapat mempresentasikan
visi dan misi perusahaan atau apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Selain
itu manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat
mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara detail
tentang profil, visi, dan misi perusahaan secara langsung.
Company profile merupakan pencitraan dari profesionalitas
sebuah perusahaan yang dapat digunakan sebagai marketing tool yang efektif
karena terdapat unsur visual berupa gambar dan teks, terlebih lagi jika
ditambahkan unsur multimedia yang lain akan membuat desain company profile
terlihat lebih menarik dan dapat membuat klien terkesan. Company profile yang
kurang menarik akan menimbulkan ketidakpercayaan konsumen terhadap suatu
perusahaan terutama penyedia jasa. Interaktif company profile merupakan bentuk
mutimedia dari desain company profile, dalam interaktif ini klien dapat
berinteraksi dan leluasa mengatur jalannya tampilan company profile secara
langsung. Interaktif company profile juga dilengkapi dengan gambar bergerak
atau animasi agar menarik.
Sebagai air mineral dalam kemasan yang paling terkenal di
Indonesia adalah Aqua, ini tidaklah asing di telinga masyarakat. Tetapi ,
masyarakat Indonesia belum tahu pasti mengenai company profile dari Aqua
tersebut.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
- Untuk mengetahui company profile
- Untuk mengetahui bentuk dari company profile
- Untuk mngetahui tujuan dan fungsi company profile
- Untuk mengetahui faktor penting company profile
D. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Koneksi Internet
- Materi
E. PEMBAHASAN
- Pengertian Company Profile
Company profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
Setiap jenis laporan profil perusahaan, informasi kontak
selalu disertakan. Informasi kontak mungkin tidak lebih dari sekedar alamat
fisik dan surat untuk kantor pusat perusahaan, atau mungkin termasuk nama dan
alamat dari petugas atau eksekutif tertentu dari perusahaan. Biasanya nomor
telepon dan nomor faks juga dimasukkan dalam data kontak dasar. Dalam beberapa
tahun terakhir, alamat email dan informasi umum juga dianggap penting
dalam sebuah profil perusahaan.
Selain informasi kontak, profil perusahaan biasanya mencakup
beberapa informasi tentang latar belakang dan sejarah dari bisnis yang
bersangkutan. Ini termasuk data mengenai kapan perusahaan itu dibentuk,
nama-nama pendiri, dan bagaimana perusahaan tumbuh berkembang dari pertama kali
didirikan. Kadang pernulisan prosa perjalanan jatuh bangun dari sebuah
perusahaan di sangkut-pautkan dengan perkembangan bisnis terkait pada saat
terkini. Meski sebuah company profile tidak mencakup sejarah yang sangat
lengkap, hal itu seringkali telah dianggap cukup untuk memberi pembaca gambaran
tentang perusahaan tersebut melewati tahun tahun perkembangannya.
Company Profile juga seringkali menyertakan beberapa
statistik umum berkaitan dengan status bisnis. Hal ini dapat mencakup informasi
seperti jumlah pabrik, kantor, atau operasi lain yang saat ini dimiliki
perusahaan. Selain itu jumlah karyawan disebutkan, bersama dengan nominal
statistik pendapatan yang dihasilkan selama tahun fiskal terbaru.
Profil perusahaan juga bisa memasukkan data mengenai rencana
masa depan bisnis. Profil dapat mendiskusikan rencana untuk ekspansi masa depan
dalam hal lokasi, produk atau jasa baru yang diantisipasi akan ditawarkan dalam
waktu dekat, atau rencana untuk merestrukturisasi operasi sebagai bagian dari
strategi untuk memastikan keberhasilan lanjutan dari bisnis. Namun, profil
perusahaan tidak mungkin untuk memasukkan informasi pada setiap rencana yang
belum dibahas dan disetujui oleh pemegang saham dan pemimpin lain di
perusahaan. Semua data yang ditemukan dalam profil perusahaan dianggap dalam
domain publik, dan bebas tersedia untuk siapa saja.
Banyak perusahaan memperbarui profil mereka setidaknya
sekali setahun. Hal ini penting, karena pekerja perusahaan tersebut dapat
pensiun atau pemilik bisnis memilih untuk meninggalkan bisnisnya, atau
terkadang lokasi bisnis yang kapan saja dapat membuka dan menutup selama
beberapa waktu. Dengan menjaga data, profil dapat dimanfaatkan oleh orang-orang
yang mempertimbangkan kerja sama bisnis, transaksi bisinis, atau bahkan untuk
membeli saham yang dikeluarkan oleh perusahaan.
- Bentuk-bentuk Company Profile
Bentuk-bentuk Company Profile:
1. Company Profile Web
Dengan adanya internet, membuat jarak bukanlah masalah untuk dapat mengakses sesuatu. Beberapa contoh profile web yang biasa ada diantaranya website perusahaan, E-commerce website, web portal komunitas, hingga web applications. Website yang baik adalah website yang mampu bekerja diberbagai macam paltform mulai dari PC, smartphone dan tablets dengan menggunakan fitur Resposive Web Design (RWD) serta Content Management System (CMS) yang mudah untuk digunakan.
2. Company Profile Cetak
Company profile cetak merupakan jenis yang paling umum dipakai dan merupakan media yang paling mudah dan praktis untuk digunakan sebagai alat presentasi kepada klien kapanpun dan dimanapun. Company profile jenis ini mengutamakan tulisan, gambar serta desain yang menarik. Company profile cetak merupakan media yang paling mudah dan praktis untuk ditampilkan sebagai alat persentasi kepada klien kapanpun dan dimanapun. Yang paling utama dalam pembuatan company profile ini adalah dari sisi desain yang eksklusif dan berkelas.
3. Company Profile Video
Merupakan bentuk company profile yang bersifat multimedia karena merupakan kombinasi gambar bergerak, foto, teks, grafik hingga suara latar yang disajikan secara menarik. Pada umumnya video company profile ini berdurasi singkat, oleh karena itu harus dipikirkan matang-matang konsep serta konten apa yang akan dimasukkan jika Anda ingin membuat company profile berbentuk ini. Video company profile sangat berguna untuk melengkapi sebuah sesi persentasi. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa kebanyakan orang lebih suka mendengar dan menonton dibandingkan dengan membaca pada saat persentasi. Studiopelangi menyediakan jasa pembuatan video company profile yang profesional yang juga dilengkapi dengan animasi 2D/3D. dalam hal ini kami merupakan penyedia layanan video profile professional di semarang khususnya dan daerah sekitarnya pada umumnya. 5 tahun kami berkecimpung didunia video dan dokumentasi membuat kami yakin kedepan kami bisa memberikan layanan yang terbaik.
4. Company Profile interaktif (program/aplikasi)
Company profile jenis ini menitikberatkan pada interaktifitas, sehingga penikmat company profile lebih terlibat untuk memilih informasi mana yang mereka butuhkan, dan berapa lama mereka menikmatinya melalui menu-menu yang disediakan. Jenis company profile ini dapat diaplikasikan diberbagai macam media seperti multi-touch hingga dapat diaplikasikan di handphone atau tablet yang Anda miliki. Jumlah & pengguna perangkat mobile semakin bertumbuh, dan melihat hal tersebut sebagai peluang untuk membuat perusahaan Anda menjadi selangkah di depan. Hal ini meliputi desain dan develop aplikasi untuk platform umum (iPhone, iPad, Android dan lainnya), lengkap dengan semua fitur multimedia (foto, suara, video, animasi) untuk memberikan pengalaman menarik dalam menjelajahi sebuah aplikasi company profile.
- Tujuan Company Profile
Tujuan dibuatnya company profile adalah
untuk memberikan informasi selengkapnya tentang segala aspek kekuatan
perusahaan / lembaga yang dideskripsikan dalam aspek kapasitas,
kualitas, kekuatan keuangan, pengalaman, dan kemampuan menjalankan
bisnis dengan cara yang baik.
Idenya
adalah untuk meyakinkan pelanggan atau calon pelanggan potensial dengan
memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan agar mereka dapat
mempertimbangkan menggunakan produk/jasa sebuah perusahaan/lembaga.
Company Profile akan meningkatkan nilai perusahaan/lembaga diantara para
pesaing dengan cara memengaruhi secara positif keputusan calon
pelanggan untuk menggunakan produk atau jasanya.
- Fungsi Company Profile
Fungsi utama company profile adalah sebagai media komunikasi/penyampaian
informasi tertentu tentang perusahaan pada pihak-pihak yang
membutuhkan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan fungsi
potensial ini, Company Profile yang efektif paling tidak harus memuat
beberapa hal berikut :
1. Representatif
Desain company profile pertama-tama harus representatif, sesuai dengan kesan, karakter dan image yang telah dibangun dan ingin ditampilkan oleh perusahaan. Umumnya kesan, karakter dan image yang ditampilkan pada company profile itu formal/resmi, konservatif, profesional, punya integritas, kredibel dan akuntabel.
Tetapi ada juga perusahaan yang ingin lebih kelihatan casual, dinamis,
egaliter, ramah, hangat dan akrab, berani tampil beda sambil tetap
menjaga profesionalitas, integritas, kredibilitas dan akuntabilitas.
Pada akhirnya yang menentukan kesan, karakter dan image seperti apa yang
akan ditampilkan adalah sifat dari bisnis yang dijalankan oleh
perusahaan (company profile sebuah law firm, misalnya, pasti akan
berbeda dengan animation house), atau preferensi dari top decision maker
dalam perusahaan tersebut. Sering ditemukan company profile sebuah perusahaan yang desainnya sangat
tidak biasa, karena top decision makernya memang menginginkan hal yang
seperti itu.
2. Informatif
Selain representatif, desain company profile juga harus bisa membantu supaya setiap informasi yang ada ditampilkan dengan benar, akurat, dan lengkap, dan disajikan dengan cara yang menarik, jelas dan mudah untuk dimengerti. Untuk memenuhi kedua hal di atas, pemahaman tentang pemakaian wujud (form) dan ruang (space), tipografi, foto/ilustrasi, warna, dan layout yang tepat memegang peranan yang sangat penting. Selain itu perlu diperhatikan juga cara dan metode distribusi dan penyampaiannya.
3. Struktur
Meski desain sebuah company profile bisa berbeda satu sama lain, tapi struktur isinya pada dasarnya sama. Umumnya company profile memuat hal-hal informatif seperti : sejarah perusahaan, profil perusahaan dan divisi/unit-unit bisnis yang ada, features (tulisan khusus tentang kekhasan perusahaan yang layak untuk diangkat), informasi produk/jasa yang ada dan daftar klien atau proyek yang pernah dilayani atau dikerjakan oleh perusahaan.
- Faktor Penting Company Profile
Membuat company
profile merupakan hal yang mudah dan sederhana bagi semua yang
sudah terjun melakukan bisnis. Company profile merupakan
perpanjangan dari rencana bisnis, perbedaannya hanya apa yang dipresentasikan
fakta aktual dan pencapaian perusahaan bukan sekedar gambaran kesuksesan dari
perencanaan bisnis yang sedang atau akan dilakukan. Company profile yang
akan dibuat harus menarik pihak-pihak lain, dengan maksud kita membuat
sebuah profil perusahaan yang memiliki pandangan luas
terhadap objektivitas dan kebutuhan informasi yang relevan. Buatlah ekspektasi
dan kebutuhan yang mencerminkan semua hal dapat tercapai oleh perusahaan anda.
Berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan kenapa kita harus membuat company
profile:
1. TUJUAN
Tujuan
utama dalam membuat company profile yang baik adalah untuk
mendekati pelanggan potensial dengan memasukan kelebihan perusahaan meliputi
kapasitas, kualitas, kebutuhan financial, pengalaman dan untuk memperlihatkan
kemampuan untuk memulai dan mengembangkan bisnis usaha dalam kepercayaan. Ide
yang melatarbelakangi dalam pembuatan company profile adalah
untuk meyakinkan pasar potensial dan memberikan informasi yang relevan sebagai
upaya penawaran. Company profile dapat meningkatkan
perbandingan nilai terhadap kompetitor dengan mempengaruhi secara positif
keputusan pelanggan potensial untuk memulai sebuah bisnis.Pandangan pelanggan
potensial terhadap perusahaan dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan anda bisa
memenuhi kebutuhan pelanggan potensial tersebut.
2.
ISI
Isi
dalam sebuah company profile atau profil perusahaan anda
harus bermaterikan pengenalan, data perusahaan, struktur dan infrastruktur. Hal
yang paling penting dalam membuat sebuah company profile adalah
memperkenalkan produk, kualitas, perlengkapan, pengalaman, program jangka
pendek dan panjang serta referensi perusahaan anda dengan jelas serta
professional. Dan sangat professional untuk memperkenalkan company
profile dengan menggunakan pernyataan misi-misi perusahaan. Ada
beberapa elemen dasar pada isi suatu company profile atau profil
perusahaan yang harus dipahami dan dimengerti. Pertama adalah pelajari
bahwa company profile dapat digolongkan untuk golongan atau
kelompok tertentu, misal company profile untuk jajaran direksi
tentu berbeda isi dan design bentuknya dengan company profile untuk
menjaring kelompok atau pelanggan baru. Pada dasarnya inti dari isi
dasar profil perusahaan seperti visi misi, sejarah dan pencapaian-pencapaian,
baik itu dalam waktu dekat atau dalam jangka waktu yang panjang
3.
KEMASAN
Company
Profile mencerminkan
perusahaan anda, hal tersbut sangat penting untuk dipersiapkan secara
professional. Hal dalam membuat company profile memerlukan
penataan yang baik, tanpa kesalahan ketik, pencetakan menggunakan kertas
berkualitas serta lebih kepada warna dan struktur company profile. Dalam
mempresentasikan sebuah company profile memerlukan imajinasi
dan kreativitas sepenuhnya. halaman dalam pembuatan company profile bisa
berupa 12 halaman atau maksimum 15 halaman, perhatikan bila halaman anda
terlalu banyak atau sedikit akan mempengaruhi pelanggan potensial dalam membaca
dan memahami isi company profile. Ikuti teori AIDA (Attention,
Interest, Decision, Action) langkah demi langkah, serta lakukanlah dengan cara
yang informatif.
4.
MOMENTUM
Kapan
mengirimkan sebuah company profile kepada pelanggan potensial,
waktu menjadi sangat penting. Jangan mengirimkan company profile beserta
brosur untuk pemberitahuan. Dengan company profile anda dapat
melakukan pendekatan dengan pasar potensial secara lebih baik, benar dan sopan,
dengan kata lain berkontribusi secara positif. Jangan membuat company
profile hanya untuk saat-saat tertentu namun buatlah untuk beberapa
tahun kedepan. Membuat company profileanda up to date merupakan
hal yang baik dalam bisnis, promosi dan mencitrakan profil perusahaan.
F. KESIMPULAN
Company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Sebab
hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta
investor untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Dengan
semakin banyak pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan
tersebut, dapat berdampak positif bagi perushaan. Yaitu semakin yakinnya
pelanggan serta investor terhadap perusahaan sebab dilihat dari profile
prusahaan tersebut.
Untuk menambah kepercayaan pelanggan serta investor, diperlukan sebuah company profile
yang menarik dilihat dengan memperhatikan tampilan Layout, pemilihan
warna, serta kata. Tidak lupa pula is yang terkandung dalam company profile tersebut yang sangat penting.
REFERENSI :
0 komentar:
Posting Komentar