Jumat, 03 Februari 2017

Konsep Content Company Profile

A. PENGERTIAN

Company profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada beberapa jenis informasi  penting yang wajib disertakan.

B. LATAR BELAKANG

Company profile memiliki peranan cukup penting bagi sebuah perusahaan yang melakukan business to business karena dapat mempresentasikan visi dan misi perusahaan atau apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Selain itu manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara detail tentang profil, visi, dan misi perusahaan secara langsung.

Company profile merupakan pencitraan dari profesionalitas sebuah perusahaan yang dapat digunakan sebagai marketing tool yang efektif karena terdapat unsur visual berupa gambar dan teks, terlebih lagi jika ditambahkan unsur multimedia yang lain akan membuat desain company profile terlihat lebih menarik dan dapat membuat klien terkesan. Company profile yang kurang menarik akan menimbulkan ketidakpercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan terutama penyedia jasa. Interaktif company profile merupakan bentuk mutimedia dari desain company profile, dalam interaktif ini klien dapat berinteraksi dan leluasa mengatur jalannya tampilan company profile secara langsung. Interaktif company profile juga dilengkapi dengan gambar bergerak atau animasi agar menarik.

Sebagai air mineral dalam kemasan yang paling terkenal di Indonesia adalah Aqua, ini tidaklah asing di telinga masyarakat. Tetapi , masyarakat Indonesia belum tahu pasti mengenai company profile dari Aqua tersebut.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Membahas tentang Konsep Konten dalam Company Profile

D. ALAT DAN BAHAN :
  1. Laptop
  2. Koneksi Internet
  3. Materi
E. PEMBAHASAN

Konsep Content Dalam Company Profile

Untuk jenis website company profile ini tujuan utamanya adalah memperkenalkan kepada public informasi tentang company tersebut berkaitan dengan: Nama perusahaan, Tag Line dan Logo.

Menu-menu dalam company profile adalah:
A. Home
B. About US
C. Product/Services
D. Contact Us
E. Client/Project List/Portfolio (optional)
F. News/Articles (optional)
G. Search (optional)

  1. Home
Berisi informasi yang akan ditonjolkan kepada pengunjung.
- Nama bisnis, tagline, logo biasanya ditonjolkan dalam halaman home
- Juga ditampilkan beberapa product/service pilihan
- Welcome yang berisi perkenalan singkat company
- Alamat perusahaan, usahakan
- Beberapa news/article pilihan, ini untuk company yang banyak aktivitas atau yang rajin menulis artikel. Apa yang akan ditampilkan di dalam home ini harus diputuskan saat meeting pertama
  1. About Us
Berisi perkenalan perusahaan
Isinya:
- Latar belakang
- Visi Misi
- Nama bisnis, tagline dan logo
- Sejarah perusahaan
- Bisnis yang digeluti

Tergantung banyaknya data, menu About Us ini bisa terdiri satu atau banyak halaman.
Jika datanya banyak menu About Us dibagi menjadi sub menu-sub menu.
  1. Product/Services
Halaman pertama berisi perkenalan seluruh product/services.
Halaman berikutnya berisi detail dari setiap product/services
  1. Contact Us
Berisi Form supaya calaon customer mudah menhubungi anda.
Pastikan ada detail perusahaan anda seperti alamat, no telepon, fax, email.
Bagus lagi kalau ada peta.
  1. Daftar Client atau Project List
Untuk menunjukkan kompetensi anda di produk atau jasa yang anda tawarkan.
  1. Articles/News
Bagi perusahaan yang aktif, informasi ini bagus ditampilkan untuk memberi kenyamanan kepada calon pelanggan anda bahwa perusahaan anda adalah perusahaan yang sedang aktif. Cantumkan juga tanggal update untuk lebih meningkatkan citra perusahaan anda
  1. Search
Supaya pengunjung mudah menemukan informasi tertentu yang ia cari.

F. KESIMPULAN


Company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Sebab hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta investor untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Dengan semakin banyak pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan tersebut, dapat berdampak positif bagi perushaan. Yaitu semakin yakinnya pelanggan serta investor terhadap perusahaan sebab dilihat dari profile prusahaan tersebut. 
Untuk menambah kepercayaan pelanggan serta investor, diperlukan sebuah company profile yang menarik dilihat dengan memperhatikan tampilan Layout, pemilihan warna, serta kata. Tidak lupa pula is yang terkandung dalam company profile tersebut yang sangat penting.

REFERENSI :
http://www.prowebpro.com/articles/konsep_content_company_profile.php

0 komentar:

Posting Komentar