Company profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
B. LATAR BELAKANG
Company profile memiliki peranan cukup penting bagi sebuah
perusahaan yang melakukan business to business karena dapat mempresentasikan
visi dan misi perusahaan atau apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Selain
itu manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat
mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara detail
tentang profil, visi, dan misi perusahaan secara langsung.
Company profile merupakan pencitraan dari profesionalitas
sebuah perusahaan yang dapat digunakan sebagai marketing tool yang efektif
karena terdapat unsur visual berupa gambar dan teks, terlebih lagi jika
ditambahkan unsur multimedia yang lain akan membuat desain company profile
terlihat lebih menarik dan dapat membuat klien terkesan. Company profile yang
kurang menarik akan menimbulkan ketidakpercayaan konsumen terhadap suatu
perusahaan terutama penyedia jasa. Interaktif company profile merupakan bentuk
mutimedia dari desain company profile, dalam interaktif ini klien dapat
berinteraksi dan leluasa mengatur jalannya tampilan company profile secara
langsung. Interaktif company profile juga dilengkapi dengan gambar bergerak
atau animasi agar menarik.
Sebagai air mineral dalam kemasan yang paling terkenal di
Indonesia adalah Aqua, ini tidaklah asing di telinga masyarakat. Tetapi ,
masyarakat Indonesia belum tahu pasti mengenai company profile dari Aqua
tersebut.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Membahas tentang Konsep Konten dalam Company Profile
D. ALAT DAN BAHAN :
- Laptop
- Koneksi Internet
- Materi
Konsep Content Dalam Company Profile
Untuk jenis website company profile ini tujuan utamanya adalah memperkenalkan kepada public informasi tentang company tersebut berkaitan dengan: Nama perusahaan, Tag Line dan Logo.
Menu-menu dalam company profile adalah:
A. Home
B. About US
C. Product/Services
D. Contact Us
E. Client/Project List/Portfolio (optional)
F. News/Articles (optional)
G. Search (optional)
- Home
- Nama bisnis, tagline, logo biasanya ditonjolkan dalam halaman home
- Juga ditampilkan beberapa product/service pilihan
- Welcome yang berisi perkenalan singkat company
- Alamat perusahaan, usahakan
- Beberapa news/article pilihan, ini untuk company yang banyak aktivitas atau yang rajin menulis artikel. Apa yang akan ditampilkan di dalam home ini harus diputuskan saat meeting pertama
- About Us
Isinya:
- Latar belakang
- Visi Misi
- Nama bisnis, tagline dan logo
- Sejarah perusahaan
- Bisnis yang digeluti
Tergantung banyaknya data, menu About Us ini bisa terdiri satu atau banyak halaman.
Jika datanya banyak menu About Us dibagi menjadi sub menu-sub menu.
- Product/Services
Halaman berikutnya berisi detail dari setiap product/services
- Contact Us
Pastikan ada detail perusahaan anda seperti alamat, no telepon, fax, email.
Bagus lagi kalau ada peta.
- Daftar Client atau Project List
- Articles/News
- Search
F. KESIMPULAN
Company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Sebab
hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta
investor untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Dengan
semakin banyak pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan
tersebut, dapat berdampak positif bagi perushaan. Yaitu semakin yakinnya
pelanggan serta investor terhadap perusahaan sebab dilihat dari profile
prusahaan tersebut.
Untuk menambah kepercayaan pelanggan serta investor, diperlukan sebuah company profile
yang menarik dilihat dengan memperhatikan tampilan Layout, pemilihan
warna, serta kata. Tidak lupa pula is yang terkandung dalam company profile tersebut yang sangat penting.
REFERENSI :
http://www.prowebpro.com/articles/konsep_content_company_profile.php
0 komentar:
Posting Komentar