Multimedia merupakan suatu sarana komunikasi yang berupa gabungan dari text, gambar, animasi, video dan audio. Contoh dari bentuk-bentuk multimedia ini sebagai berikut : video komersial, advertisement, animasi flash, trailer video, dan banyak hal-hal lainnya.
Multimedia banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang seperti : Hiburan(animasi), Game(trailer game), Pendidikan(media pengajaran), Bisnis(presentasi, company profile), dan seterusny
Multimedia apabila dipecah, diperoleh 2 kata, yaitu multi dan media. Multi bisa berarti banyak atau beraneka ragam, sedangkan media adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan atau membawakan informasi kepada orang lain. Sehingga dapat diperoleh makna multimedia yaitu, penggunaan dan pemanfaatan berbagai macam media untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain.
Sejarah Multimedia
- Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM
- CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja
Multimedia, yang juga banyak dikenal dengan istilah many-media, secara sederhana dihubungkan dengan utilisasi (pendaya-gunaan) dari media atau kombinasi dari media-media yang tepat untuk topik tertentu dalam rangka untuk memaksimalkan kelancaran komunikasi.
Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu
- Multimedia Linier
- Multimedia Interaktif
- Story board capturing
- Storyboard Making
- Graphics Production
Multimedia dapat digunakan dalam:
- Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
- Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
- Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu:
- Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
- Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
- Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
- Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
- Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
- Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
- Sistem Multimedia Stand Alone
- Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Desain Sistem Multimedia
Dalam mendesain suatu sistem media, terdapat tiga hal pokok yang harus dipertimbangkan, yaitu:
- Media yang paling tepat untuk suatu task
- Lingkungan yang tepat untuk media tersebut
- Efek yang diharapkan dengan mengkombinasikan media-media tersebut
Gunakan media audio jika:
- Informasi sederhana
- Informasi pendek
- Informasi hanya dibutuhkan saat itu
- Informasi berisi event dalam waktu
- Informasi yang dibawakan membutuhkan respon langsung
- Sistem visual dari manusia terlalu sibuk
- Lokasi terlalu gelap atau terlalu terang
- Manusia harus terus bergerak dalam melakukan tugasnya
- Informasi kompleks
- Informasi panjang
- Informasi masih dibutuhkan beberapa saat kemudian
- Informasi berisi lokasi dalam ruang
- Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan respon langsung
- Sistem audio dari manusia terlalu sibuk
- Lokasi terlalu bising
- Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu dalam melakukan tugasnya.
Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi:
- Presentasi , company profile
- Pemasaran (Telemarketing)
- Periklanan
- Demo produk
- Katalog dll
- Tutorial
- Simulasi dan pelatihan
- E-Learning dll
- Games; virtual game, virtual driving
- Film : animasi
- Olah raga dan hobi
- Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll)
- Militer
- Pariwisata
- Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll
Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti :
- Sistem perancangan grafis komputer
- Sistem operasi dan teknik implementasi
- Sistem Jaringan (network)
- Content Management Sytem
- HCI (Human Computer Interaction)
- Video
- Digital video
- Digitalization
- ASF (Advanced System Format)
- MPEG (Motion Picture Expert Group)
- DivX dsb
- Bidang teknologi multimedia merupakan profesi baru yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang. Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.
- Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia : Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.
- Bisnis -> iklan di media cetak atau televisi, demo produk, database, katalog, brosur, dan lain-lain.
- Sekolah -> Software Edukasi dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan belajar para siswa.
- Rumah -> kebanyakan dari produk multimedia sampai ke lingkungan rumah melalui media televisi.
- Masyarakat umum -> stand-alone terminals atau kiosks (kios interaktif) yang menyediakan informasi dan bantuan lain.
- Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana 3D sehingga membuat sang pemakai seolah-olah terlibat secara fisik
- Sistem seperti ini berguna untuk
- Perancang obat
- Arsitek
- Insinyur
- Pekerja medis
- Orang awak
- Untuk melakukan aktifitas dunia nyata
- Contohnya:
- Pilot dapat menggunakan sistem Virtual Reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya
- Ada 3 alat yang digunakan
- Glove: peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem Virtual Reality
- Headset: peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala dan memberikan pandang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah berada di dunia nyata
- Walker: peralatan yang memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah, misalnya melangkah di rawa-rawa atau tempat berlumpur
REFERENSI :
https://samsulkosasi.wordpress.com/2015/04/09/dasar-dasar-multimedia
https://iketutsuastika.wordpress.com/2013/03/20/konsep-dasar-multimedia/
0 komentar:
Posting Komentar