Jumat, 30 Desember 2016

PENGENALAN TOOL-TOOL INKSCAPE

A. PENGERTIAN

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

B. LATAR BELAKANG

Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyekSodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.
Fork itu dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.
Sejak dikembangkan dalam fork itu, Inkscape berganti dari menggunakan bahasa pemrograman C ke C++ berubah ke GTK+ toolkit C++ bindings (gtkmmm),  merancang ulang antarmuka pengguna dan menambahkan sejumlah fitur baru. Penerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski belum lengkap.
Lebih baik daripada prinsip perintah atasan-bawahan, para pengembang dikondisikan dengan budaya kesetaraan di mana ide bermunculan dari kemampuan para pengembang secara perseorangan dan keterlibatan yang aktif di dalam proyek. Hasilnya, proyek ini menempatkan penekanan istimewa pada pemberian akses penuh bagi semua pengembang untuk mengakses kode sumber, dan pada keikutsertaan di dalam komunitas open source yang lebih luas (seringkali berbentuk inisiatif antar-proyek seperti Create Project , Libre Graphics Meeting dan Open Clip Art Library). Walaupun pendatang baru dapat memainkan peranan penting, para pendiri projek masih terwakili secara baik pada proses pengambilan keputusan. Di antara mereka adalah "bulia byak", arsitek dari perubahan antarmuka pengguna Inkscape yang radikal yang telah memberi Inkscape bentuknya sekarang. Antarmuka baru itu berorientasi pada antarmuka pengguna grafik dari Xara Xtreme.
Setelah Xara meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme secara open source , mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan Inkscape agar kedua-dua proyek ini dapat saling berbagi kode, usaha terkoordinasi, dan membuat editor grafik
Sejak 2005, Inkscape ikut serta di dalam Summer of Code ,program Grafik.
Sejak November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam di Sourceforge , tetapi pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad

C. MAKSUD DAN TUJUAN
     Mengenalkan tool-tool yang ada di INKSCAPE

 D. ALAT DAN BAHAN:
  1. Laptop
  2. Koneksi Internet
  3. App INKSCAPE
  4. Materi

E. PEMBAHASAN

Fungsi Setiap Tool Pada Inkscape.

Toolbox pada Inkscape


Fungsi tool - tool pada Inkscape



1. Selection tool (F1). 

Berfungsi untuk memilih, mengubah ukuran, memutar, menggeser objek pada Lembar kerja. 
fungsi tool - tool pada Inkscape

2. Edit tool (F2).

Berfungsi untuk mengubah/mengedit posisi titik simpul suatu objek hingga objek berubah bentuk.
fungsi tool - tool pada inkscape

3. Tweak tool (Shift + F2).

Berfungsi untuk mengubah bentuk objek dengan menarik bagian isi (fill) objek. 
fungsi tool - tool pada inkscape

4. Zoom tool (F3).

Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dokumen.
fungsi tool - tool pada inkscape

5. Rectangle tool (F4)

Berfungsi untuk menggambar bentuk objek kotak/persegi panjang.
fungsi tool - tool pada inkscape


  6. 3D Boxes tool (Shift + F4)

Berfungsi untuk menggambar objek berbentuk kotak 3 dimensi.
fungsi tool - tool pada inkscape


7. Circle tool (F5)

Berfungsi untuk menggambar bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran dan oval.
fungsi tool - tool pada inkscape


8. Stars tool (*)

Berfungsi untuk menggambar bentuk objek bintang dan persegi yang memiliki banyak sisi, misalnya : persegi lima.
fungsi tool - tool pada inkscape

9. Spiral tool (F9).

Berfungsi untuk menggambar bentuk objek spiral.
fungsi tool - tool pada inkscape


10. Freehand tool (F6).

Berfungsi untuk menggambar garis bebas/objek seperti menggambar dengan pensil.
fungsi tool - tool pada inkscape


11. Line tool (Shift + F6).

Berfungsi untuk menggambar garis halus\bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung.
fungsi tool - tool pada inkscape


12. Calligraphic tool (Ctrl + F6).

Berfungsi untuk menggambar bentuk objek dengan efek highlight/pena seni.
fungsi tool - tool pada inkscape


13. Text tool (F8).

Berfungsi untuk membuat objek teks pada Lembar kerja.
fungsi tool - tool pada inkscape

14. Spray tool (Shift +F3).

Berfungsi untuk memperbanyak objek yang sebelumnya sudah di seleksi.
fungsi tool - tool pada inkscape

15. Eraser tool (Shift + E).

Berfungsi untuk menghapus objek yang berada di Lembar kerja.
fungsi tool - tool pada inkscape


16. Fill tool (Shift + F7).

Berfungsi untuk memberikan warna pada objek dan otomatis membuat objek baru.
fungsi tool - tool pada inkscape

17. Gradient tool (Ctrl + F1)

Berfungsi untuk memberikan efek warna gradasi/perpaduan warna pada objek.
fungsi tool - tool pada inkscape


18. Color Picker tool (Ctrl + F7).

Berfungsi untuk mengambil sampel warna dari suatu objek.
fungsi tool - tool pada inkscape


19. Connector tool (Ctrl + F12).

Berfungsi untuk membuat garis penghubung dari satu objek ke objek lain.
fungsi tool - tool pada inkscape

20. Selector Tool

Selector Tool digunakan untuk memilih, dan mengtur object pada Canvas dengan menggunakan mouse atau keyboard dan peralatan lainnya.


21. Node Tool

Penggunaan Node Tool sangat penting pada Inkscape dalam pengolahan Object yang berbentuk garis dan kurva, terutama untuk memilih, mengolah, manipulasi dan mengedit object berbentuk curva atau garis simpul.


22. Tweak Tool

Twek Tool ool digunakan untuk melakukan perubahan (modifikasi) kecil pada object, diantarnya untuk mengubah bentuk dan gaya object, mengaburkan warna object, dan lain-lain.
Object yang sudah dimodifikasi masih memiliki kemiripan dengan object aslinya.  


23. Zoom Tool 

Zoom Tool sangat berguna untuk melihat tampilan pada canvas maupun object, sehingga mempermudah pekerjaan pada saat membuat dan mengolah object.
Object pada canvas dapat di lihat dengan jelas dan detail dengan cara memperbesar (mendekatkan) object tersebut, begitupun sebaliknya.
Standard zoom yang digunakan inkscape adalah perbandingan "1" sama dengan satu pixel perlayar. Jika ingin mengkalibrasi zoom ke ukuran satuan  dengan aslinya (misalnya inci atau centimeter), lakukan pengaturan  pada File =>  Inkscape  Preferences => Interface.




24. Ellipse Tool

Ellipse Tool digunakan untuk menggambar object berbentuk lingkaran, elips, dan busur.


25. Pencil Tool 

Pensil Tool,  digunakan untuk membuat jalur atau garis, fungsi alat ini seperti pencil yang digunakan para seniman untuk  membuat sketsa pada lukisan

26. Bezier With Pen Tool 

Bezier Curves, digunakan untuk membuat garis lurus biasa dan membuat gambar simpul, selain untuk membuat garis lurus maupun lengkung Bezier Curves juga dapat digunakan untuk membuat object berbentuk persegi panjang, segitiga, setengah lingkaran, dan lain-lain



27. Dropper Tool

Dropper Tool digunakan untuk mengubah atau mengisi warna suatu object dengan mengambil warna object lain, perubahan warna object dapat dilakukan pada Fill and Stroke secara terpisah (sendiri-sendiri) dengan cara berbeda.
Perubahan warna akan mengubah nilai angka pada menu RGB


 



B. Bagian - Bagian Inkscape.

Bagian - Bagian Inkscape

Bagian - Bagian Inkscape

- Menu Bar (Baris Menu).

Terletak paling atas. Sama seperti aplikasi lainnya yang semua memiliki baris menu perintah yang berfungsi untuk mengelola dokumen, objek yang di buat, efek, dan lain - lain. 
Bagian - Bagian Inkscape

- Commands Bar (Baris Perintah)

Posisinya dibawah setelah baris menu. Terdapat banyak icon yang merupakan shortcut untuk perintah - perintah yang sering di gunakan misalnya : Print, Open, Save, etc.
Bagian - Bagian Inkscape

- Tool Controls Bar.

Berada setelah baris perintah. Terdapat ikon - ikon untuk memodifikasi objek yang sedang dibuat pada lembar kerja Inkscape, Misalnya : memutar objek mengatur ukuran/tata letak objek. Ikon pada Tool Controls Bar akan berubah otomatis ketika kita memilih Tools yang sedang kita gunakan untuk membuat/mengedit objek. 
Bagian - Bagian Inkscape

- Ruler (Penggaris)

Berada mengelilingi lembar kerja pada Inkscape. Berfungsi sebagai alat bantu dalam melihat ukuran panjang dan lebar suatu objek yang berada di lembar kerja.
Bagian - Bagian Inkscape

- Lembar Kerja.

Merupakan tempat area kerja untuk membuat/menata objek yang kita buat.
Bagian - Bagian Inkscape

- Tool box.

Berada di sebelah kanan. Dan berisi berbagai ikon tool yang berfungsi membuat dan memanipulasi objek di lembar kerja Inkscape.
Bagian - Bagian Inkscape

- Palette.

Berada di bagian bawah. Berisi pilihan warna yang bisa di gunakan untuk memberikan warna objek. Baik warna atau warna garis pinggir objek.
Bagian - Bagian Inkscape

- Status Bar.

Berada setelah Palette Berfungsi untuk menampilkan informasi dan status dari Lembar kerja serta objek yang ada maupun yang sedang di buat. Seperti informasi warna objek, posisi, dan lainnya.
Bagian - Bagian Inkscape

C. KESIMPULAN
    Jika kita telah mengetahui tool dan bagian-bagian pada inkscape kita akan lebih mudah dalam mempelajari inkscape dan mempermdah pekerjaan kita.


 

Rabu, 28 Desember 2016

PENGENALAN INKSCAPE

A. PENGERTIAN
 
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape bersifat cross-platfrom  dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11 , walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
Pada 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru.

B. LATAR BELAKANG


Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyekSodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.
Fork itu dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.
Sejak dikembangkan dalam fork itu, Inkscape berganti dari menggunakan bahasa pemrograman C ke C++ berubah ke GTK+ toolkit C++ bindings (gtkmmm),  merancang ulang antarmuka pengguna dan menambahkan sejumlah fitur baru. Penerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski belum lengkap.
Lebih baik daripada prinsip perintah atasan-bawahan, para pengembang dikondisikan dengan budaya kesetaraan di mana ide bermunculan dari kemampuan para pengembang secara perseorangan dan keterlibatan yang aktif di dalam proyek. Hasilnya, proyek ini menempatkan penekanan istimewa pada pemberian akses penuh bagi semua pengembang untuk mengakses kode sumber, dan pada keikutsertaan di dalam komunitas open source yang lebih luas (seringkali berbentuk inisiatif antar-proyek seperti Create Project , Libre Graphics Meeting dan Open Clip Art Library). Walaupun pendatang baru dapat memainkan peranan penting, para pendiri projek masih terwakili secara baik pada proses pengambilan keputusan. Di antara mereka adalah "bulia byak", arsitek dari perubahan antarmuka pengguna Inkscape yang radikal yang telah memberi Inkscape bentuknya sekarang. Antarmuka baru itu berorientasi pada antarmuka pengguna grafik dari Xara Xtreme.
Setelah Xara meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme secara open source , mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan Inkscape agar kedua-dua proyek ini dapat saling berbagi kode, usaha terkoordinasi, dan membuat editor grafik
Sejak 2005, Inkscape ikut serta di dalam Summer of Code ,program Grafik.
Sejak November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam di Sourceforge , tetapi pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.
Tampilan Inkscape :

Apa Itu Inkscape.



Contoh-contoh karya yang mengunakan Inkscape:
gallardo-screenshot-r10082-osx-murrine-theme (1)



Image result for PENGERTIAN INKSCAPE

C. TUJUAN
Inkscape adalah sebuah software vektor editor grafis mirip dengan Adobe Illustrator, Corel Draw, Freehand, atau Xara X. Apa yang membuat Inkscape berbeda adalah penggunaan Scalable Vector Graphics (SVG), standar berbasis XML W3C terbuka, sebagai format asli.
Inkscape sendiri dimulai pada tahun 2003 sebagai garpu kode proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun 1999, itu sendiri didasarkan pada Raph Levien Gill (Gnome Application Ilustrasi).
Garpu dipimpin oleh tim dari empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan untuk pihak ketiga kontribusi, dan ketidaksepakatan teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan Sodipodi pengembangan menekankan menciptakan tujuan umum vektor editor grafis, mungkin dengan mengorbankan SVG.

D. KESIMPULAN

Jadi inkscape adalah media yang digunakan untuk mengedit dan meggambar  seperti halnya photoshop dan coreldraw namun dalam aplikasi isi sangat mudah digunakan dan mudah dipamahi.

REFERENSI

 

Selasa, 27 Desember 2016

DASAR-DASAR INKSCAPE

A. PENGERTIAN

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
https://id.wikipedia.org/wiki/Inkscape

B. LATAR BELAKANG

Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien. Fork itu dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.

Didalam perkembangannya, Inkscape merupakan software open source yang pada pengaplikasiannya tidak jauh berbeda dari software top lainnya seperti Corel Draw, namun pada tool-tool dan bagian-bagian pada inkscape ini ada sedikit perbedaan yang harus kita ketahui.
 C. MAKSUD DAN TUJUAN
Dengan membaca artikel ini kita diharapkan mampu mempraktikkan langsung pada aplikasi Inkscape.
D. PEMBAHASAN
 
Dasar-dasar Inkscape :

Pada toolbar berderet banyak tools. Namun kami tidak akan membahas semuanya satu persatu, karena kalian bisa membaca dan mencobanya sendiri. Yang kami coba jabarkan disini adalah poin-poin pentingnya saja.

1. Tool standar pada Left Toolbar:
left-toolbar
  1. Select and transform obyek : memilih dan mengubah ukuran objek.
  2. Edit paths by nodes : mengubah mentuk objek melalui titik
  3. Tweak obyek by sculping or painting : mengubah bentuk dengan menarik atau mendorong objek ( distorsi / perusakan )
  4. Zoom in or out : memperbesar atau memperkecil gambar
  5. Create rectangles and squares : membuat objek persegi dan sejenisnya
  6. Create 3D boxes : membuat objek kotak 3 dimensi
  7. Create circles,ellipses and arcs : membuat objek lingkaran, setengah lingkaran dan sejenisnya
  8. Create stars and polygons : membuat objek bintang atau bangun segi banyak
  9. Create spirals : membuat objek spiral seperti obat nyamuk
  10. Draw freehands lines : membuat garis bebas
  11. Draw bezier curves and straight lines : membuat garis lengkung atau lurus
  12. Draw calligraphic or brush strpokes: membuat garis kuas atau kaligrafi
  13. Fill bounded areas : memberi online casino warna pada objek
  14. Create and edit text objects : membuat teks
  15. Create diagram connectors : membuat garis penghubung diagram
  16. Create and edit gradients : membuat dan mengedit gradasi
  17. Pick colors from image : mengambil warna dari sebuah gambar
2. Tab Path pada toolbar. Memunculkan beberapa menu untuk mengolah gambar.
untitled
    a. Trace bitmap (shift alt b) : mentrace (mengubah) gambar bitmap secara otomatis ke dalam bentuk vector
    b. Union (ctrl ) : menggabungkan dua buah objek menjadi satu
    c. Difference (ctrl -) : mengurangi objek A dengan objek B
    d. Intersection (ctrl *) : mengambil irisan dari perpotongan objek A dengan objek B
    e. Exclution (ctrl ^) : kebalikan dari intersection dimana yang diambil adalah bagian yang tidak berpotongan
    f. Division (ctrl /) : membagi objek A sesuai objek B
    g. Cut path (ctrl alt /) : serupa dengan division hanya saja yang diambil adalah bagian outlinenya saja
    h. Combine (ctrl k) : menggabungkan dua/lebih objek dengan tetap memunculkan outline
    I. Break Apart (shift ctrl k) : memisahkan objek-objek yang tidak saling bersinggungan
3. Color set
Pada saat anda membuat sebuah objek, maka inkscape akan secara otomatis memberi warna fill dan outline sesuai dengan setingan yang sedang aktif. Untuk mengganti warna fill dapat dilakukan dengan mengklik kiri warna pada toolbar di bawah ( objek harus dalam keadaan terpilih) atau dengan mengklik kanan pada tempat yang sama lalu memilih set fill. Untuk mengganti warna outline, dapat dilakukan dengan mengklik kanan warna pada toolbar di bawah lalu memilih set stroke ( objek harus dalam keadaan terpilih).
warna
Selebihnya bisa kalian coba-coba sndiri. Semakin banyak kalian mencoba, maka kalian akan semakin mengerti cara penggunaan suatu tools dan bagaimana mengkreasikan suatu tools untuk membuat objek-objek yang kreatif.
REFERENSI : 

PENGINSTALAN INKSCAPE

A. PENGERTIAN

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak  bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari inkscape adalah menjadi perangkat lunak grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
  
B. LATAR BELAKANG
Didalam perkembangannya, Inkscape merupakan software open source yang pada pengaplikasiannya tidak jauh berbeda dari software top lainnya seperti Corel Draw, namun pada tool-tool dan bagian-bagian pada inkscape ini ada sedikit perbedaan yang harus kita ketahui.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Dengan membaca artikel ini kita diharapkan mampu mempraktikkan langsung pada aplikasi Inkscape dan mengetahui sejarahnya.


D. ALAT DAN BAHAN :
  1. Pc / Laptop
  2. Mouse
  3. Software Inkscape. Download disini 
  4. Foto atau gambar kayu dengan komposisi bagus.
  5. Font Pacifio
E. PEMBAHASAN 
Sejarah Inkscape 
Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien. Fork itu dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.

Tata cara Penginstalan Inkscape

- Langkah 1.
Buka file software Inkscape yang sudah di Download. Kemudian akan muncul jendela user Account Control pilih Yes.

- Langkah 2.
Kemudian akan muncul jendela perngaturan pertama intuk menginstall Inkscape dalam memilih bahasa yang di inginkan, boleh menggunakan bahasa English atau Indonesia. Lalu tekan OK. Tapi jika lebih baik gunakan bahasa English untuk memudahkan belajar dari tutorial website dari manapun.
cara menginstall inkscape pada windows
- Langkah 3.
Kata selamat datang, Pilih Next untuk melanjutkan.
cara menginstall inkscape pada windows

- Langkah 4.
Pilih Next juga pada jendela ini. Kalau mau di baca boleh juga.
cara menginstall inkscape pada windows

- Langkah 5.
Biarkan semua tanda di centang secara default dan Klik Next.
cara menginstall inkscape pada windows

- Langkah 6.
Ia, Pilih Install.
cara menginstall inkscape pada windows

- Langkah 7.
Tunggu beberapa saat sampai proses install selesai, dan Klik Next
cara menginstall inkscape pada windows

- Langkah 8.
Terakhir pilih Finish, dan shortcut Inkscape akan otomatis berada di desktop.
cara menginstall inkscape pada windows

Nah mudah bukan? Kebanyakan kita klik tombol next, dan tanpa ribet memasukkan serial number, dan lainnya. :P Sekian pembahasan bagaimana Cara Menginstall Inkscape pada Windows semoga bermanfaat. 
- Kesimpulan -
sebenarnya inkscape itu sangat mudah untuk di pelajari dan di mengerti tetapi hanya tergantung pada diri kita masing - masing bagaimana kita menykapi dan menekuninya.
REFERENSI :